Green Coffee Bean dan Kopi Biasa Serupa Tapi Tak Sama

Kopi merupakan salah satu minuman tertua didunia sebagai minuman penghangat badan. Bahkan pada jaman dahulu kopi merupakan sebuah ukuran seberapa tinggi tingkat kebangsawanan sesorang yang ia miliki. Semenjak berkembangnya jaman ditemukanlah berbagai macam dan jenis kopi. Seperti yang banyak orang dengar ada beberapa jenis kopi mulai dari arabika, robusta, dan liberika. Selain dari jenis kopi itu sendiri masyarakat juga sering mendengar green coffee bean atau biji kopi hijau, maka apakah yang membedakannya dengan biji kopi biasa ?



Apabila pada jamannya minuman kopi menjadi tolak ukur kebangsawananan seseorang, akan tetapi seiring pekembangan jaman masyarakat luas berhak mencicipi aneka jenis dari kopi tersebut. Tidak sedikit masyarakat yang belum mengerti akan khasiat dari biji kopi selain untuk penghilang kantuk. Semakin gencarnya penelitian yang dilakukan oleh ahli maka ditemukannya khasia-khasiat yang dimiliki oleh biji kopi itu sendiri. Seperti yang lagi trend di Indonesia akhir-akhir ini ialah tren program diet menggunakan green coffee. Akan tetapi masyarakat masih belum familiar dengan harga green coffee itu sendiri jarena mungkin hanya sedikit orang yang tau akan jenis kopi tersebut.

Perbedaan yang terdapat antara green coffee bean dengan kopi biasa antara lain sebagai berikut :

-          Kopi hitam atau biji kopi biasa akan mengalami proses roasting (pemanggangan dalam suhu panas), sehingga akan menghilangkan kadar air yang dimiliki oleh biji tersebut. Akan tetapi didalam proses pemangganan tersebut maka beberapa zat yang terkandung didalam biji tersebut juga akan menghilang salah satunya adalah antioksidan.

-          Sedangkan green coffee bean (kopi hijau) tidak melewati proses roasting atau pemanggangan, yang dimana zat-zat alami yang terkandung didalam biji kopi hijau tersebut masih terjaga. Karena didalam green coffee tersebut terdapat zat alami diantara kandungan klorogenat dan asam kafeat yang mempunyai kasiat menjaga kulit tetap lembut, elastis serta bisa memperlambat penuaan kulit.

Kalau dilihat dari segi harga kopi biasa dengan harga green coffee memang mempunyai sedikit perbedaan, dibandingkan dengan harga biji kopi biasa harga green coffee sedikit lebih mahal akan tetapi green coffee sendiri mempunyai banyak khasiat dibandingkan dengan kopi biasa. Jadi tidak ada salahnya untuk mengganti kopi dengan selisih harga lebih tinggi akan tetapi banyak khasiat yang terkandung didalamnya.