Mudahnya Cara Mengatasi Keputihan Dengan Daun Sirih

Cara mengatasi keputihan dengan daun sirih merupakan salah satu cara yang sangat familiar dan sering dilakukan banyak orang terutama wanita. Bagi para wanita tentu sering sekali mengalami keputihan. Keputihan atau Flour Albus merupakan sekresi vaginal yang sering terjadi pada wanita normal terutama pada wanita yang sedang mengalami masa produktif. Kondisi alami ini berfungsi untuk membersihkan dan juga untuk melindungi vagina dari adanya iritasi dan juga infeksi. Sering sekali terjadinya keputihan dihubungkan dengan kondisi kesehatan dan tanda adanya penyakit ataupun infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau juga bisa jamur tertentu yang menyebabkan tidak nyaman. Bahkan jika mengalami keputihan yang berlangsung lama dan juga bau merupakan keputihan yang tidak normal.


Jenis – jenis keputihan dibedakan menjadi dua jenis yaitu keputihan fisiologis atau normal dan juga keputihan patologis (abnormal), tentunya kedua hal tersebut memiliki sebab yang berbeda. Keputihan normal merupakan keputihan yang sering dialami wanita secara umum pada waktu tertentu. Misalnya sebelum mengalami menstruasi dan juga pada masa subur. Keputihan ini memiliki ciri – ciri cairan sekresi berwarna bening, tidak lengket dan juga encer. Tidak mengeluarkan bau menyengat. Keputihan patologis keputihan abnormal yang disebabkan oleh adanya kelainan dalam vagina atau serviks yang sangat berbahaya dan juga menimbulkan rasa tidak nyaman. Berikut cara mengatasi keputihan yang bisa anda lakukan dengan menggunakan bahan alami, tentunya tidak susah ditemui.

Langkah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi keputihan dapat dilakukan dengan menggunakan bahan – bahan alami seperti daun sirih. Sirih merupakan salah satu jenis tanaman asli Indonesia dan tumbuhnya juga hanya bisa bersandar di batang pohon. Ada dua jenis tanaman sirih yang pertama daunnya berwarna merah dan yang kedua daun berwarna hijau. Kedua daun sirih tersebut tentunya bisa digunakan untuk mengatasi keputihan secara alami. Minyak astir yang ada pada daun sirih mengandung betlephenol, eugenol, dan chavicol. Kegunaanya sama – sama untuk mematikan kuman, antioksidasi, antijamur, dan juga bisa untuk mengobati antiradang. Daun sirih biasanya direbus terlebih dahulu dan kemudian dibasuh pada vagina.