Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga Modal Sedikit tetapi Menguntungkan

Bagi seorang ibu yang suka bekerja namun ingin tetap fokus mengurus keluarga, anda bisa mencoba membuka usaha sampingan untuk ibu rumah tangga. Dengan mengeluarkan sedikit modal anda bisa mendapatkan banyak keuntungan. Jika anda membuka usaha sendiri, anda tidak akan kehilangan banyak waktu bersama keluarga. Anda juga bisa memberdayakan masyarakat sekitar anda untuk menjalankan usaha sampingan anda.


Berikut contoh usaha sampingan untuk ibu rumah tangga yang bisa anda coba:

1.     Usaha membuat kerajinan tangan

Jika anda suka berkreasi, cobalah membuka usaha membuat berbagai macam kerajinan tangan. Anda juga bisa memanfaatkan barang-barang disekitar anda sebagai bahan dasarnya. Sebagai contoh, anda bisa menggunakan botol bekas untuk membuat tempat pensil. Dengan menghias botol bekas tersebut semenarik dan sekreatif mungkin tentunya akan menarik minat pembeli. Anda bisa memanfaatkan internet untuk mencari ide dalam membuat kerajinan tangan.

2.     Usaha tempat les/pelatihan

Jika anda memiliki keahlian/keterampilan dalam suatu bidang, memasak,menjahit atau keahlian lainnya, anda bisa mencoba membuka usaha tempat les/pelatihan. Anda hanya perlu menyediakan ruangan yang kondusif untuk proses belajar-mengajar. Misalnya, jika anda memiliki keahlian dalam bidang pendidikan, anda bisa membuka usaha tempat les ilmu pengetahuan sesuai tingkatan yang anda inginkan. Selain ruangan, anda juga perlu menyiapkan papan dan spidol. Usaha ini dapat memberikan keuntungan yang menjanjikan. Jika anda dapat professional dalam mengajar dan bisa membuat siswa menjadi pintar atau setidaknya paham dengan mata pelajaran yang dipelajari di sekolah, tentunya anda akan mendapat banyak keuntungan. Selain kepuasan tersendiri, anda bahkan juga bisa mendapat bonus dari orang tua siswa sebagai tanda apresiasinya kepada anda yang telah mendidik anaknya. Keterampilan memasak/menjahit juga dapat anda jadikan peluang untuk membuka usaha dengan memberi pelatihan sesuai bidang yang anda kuasai.

3.     Usaha bisnis online (online shop)

Saat ini, teknologi sudah semakin canggih. Begitu banyak smartphone dengan berbagai fungsi dan bentuk yang beredar di masyarakat. Tak dapat dipungkiri, pengguna smartphone menjadi semakin banyak dan tak pandang usia. Mulai dari anak-anak, remaja, bahkan orang tua bisa dikatakan mahir dalam mengoperasikan smartphone. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi tersebut, para ibu rumah tangga dapat membuka usaha bisnis online. Misalnya dengan menjual baju, tas, sepatu, atau barang-barang lain yang sering dibutuhkan masyarakat.

 

Berbagai macam usaha sampingan untuk ibu rumah tangga tersebut bisa anda coba lakukan di rumah. Anda bisa membuka usaha sesuai dengan keahlian atau hobi anda. Selain hebat dalam mengurus keluarga, tentunya suami anda akan lebih senang jika anda bisa hidup mandiri dan berpenghasilan tanpa mengurangi waktu bersama keluarga.